Music
Search Engine Optimization
Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah proses meningkatkan volume atau kualitas lalu lintas ke situs web atau halaman web (seperti blog) dari mesin pencari via "natural" atau un-dibayar ("organik" atau "algorithmic" ) hasil pencarian dibandingkan dengan bentuk lain dari pemasaran mesin pencari (SEM) yang mungkin berhubungan dengan inklusi dibayarkan. Teorinya adalah bahwa sebelumnya (atau lebih tinggi) situs muncul dalam daftar hasil pencarian, semakin banyak pengunjung itu akan menerima dari mesin pencari. SEO dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video dan industri-spesifik mesin pencari vertikal. Hal ini memberikan keberadaan situs web web.
Sebagai strategi pemasaran Internet, SEO mempertimbangkan bagaimana mesin pencari bekerja dan apa yang dicari orang. Mengoptimalkan website terutama melibatkan mengedit isinya dan HTML dan terkait pengkodean untuk kedua meningkatkan relevansinya dengan kata kunci spesifik dan untuk menghilangkan hambatan bagi kegiatan pengindeksan mesin pencari.
akronim itu "SEO" dapat merujuk kepada "pengoptimalan search engine," istilah yang diadopsi oleh industri konsultan yang melaksanakan proyek optimalisasi atas nama klien, dan dengan karyawan yang melakukan layanan SEO in-house. Search engine mungkin menawarkan SEO sebagai layanan yang berdiri sendiri atau sebagai bagian dari kampanye pemasaran yang lebih luas. Karena SEO efektif mungkin membutuhkan perubahan ke kode sumber HTML situs, taktik SEO mungkin dimasukkan ke dalam pengembangan situs web dan desain. Istilah "mesin pencari ramah" dapat digunakan untuk menggambarkan desain situs web, menu, sistem manajemen konten, gambar, video, berbelanja gerobak, dan elemen lain yang telah dioptimalkan untuk tujuan pemaparan mesin pencari.
Lain kelas teknik, yang dikenal sebagai Black Hat SEO atau spamdexing, menggunakan metode seperti koleksi link, isian kata kunci dan artikel berputar yang menurunkan baik relevansi hasil pencarian dan pengalaman pengguna mesin pencari. Search engine mencari situs yang menggunakan teknik ini untuk menghapusnya dari indeks mereka.
SEO: Trik Menjadikan Web No.1
“Mudahnya membuat web seperti membuat mie instant”. Sebuah ungkapan realitis untuk saat ini. Tetapi kemudahan dalam mempublish sebuah web ternyata sebanding dengan mudahnya web-web tersebut mati. Semangat membaja ketika membuat web yang tidak diikuti dengan visi yang kuat dan konsistensi dalam memeliharanya hanya akan berujung kepada bertambahnya jumlah kematian-kematian web yang ada.
Data yang dirilis oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang dimuat di icannwiki.org menyebutkan ada 113.598.516 web dengan alamat .COM, NET, ORG,INFO, BIZ dan US saat ini. Tetapi di saat itu pula ada 374.626.983 web yang dihapus dari dunia maya karena telah mati atau sebab lain. Dan tragisnya ada 446.308 web yang tidak hidup dan enggan mati (On-Hold).
Salah satu sebab kenapa web itu mati adalah ketidak mampuan para webmaster untuk menampilkan web-web yang sedang mereka kelola masuk dalam ranking bagus pencarian web. Ini hampir seperti lomba, bayangkan jika sobat membuat sebuah web diantara ratusan juta web. Jika sobat tidak memperhatikan tips agar alamat sobat muncul di google/yahoo atau tidak dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain. Maka ‘tenggelamnya’ web tinggal menunggu waktu saja. Apalagi visi dan tujuan web terlalu umum seperti shopping online, blog, majalah dsb maka ketika semangat telah turun, statistik pengunjung tidak jelas, bahan update habis, kreativitas hilang dan kesibukan lain sedang menyita so monumen web sudah siap menunggu.
SEO (Search Engine Optimation)
SEO adalah cara optimasi website agar bisa ditampilkan di halaman utama pada sebuah situs pncarian. Intinya adalah apabila seseorang mengetikkan kata pencarian pada kotak search engine seperti di Google, Yahoo, maupun MSN maka alamat web kita bisa muncul di halaman pertama pencarian sesuai dengan kriteria kata kunci yang dicari user tersebut.
Gbr. Pencarian dengan kata ‘tanya jawab islam’ menghasilkan web percikaniman.org di ranking atas diantara 3,3 juta web dengan topik kata kunci yang sama.
Jika tujuan SEO terpenuhi, tentunya visi misi dari web tersebut akan mudah tercapai. Otomatis statistik pengunjung meningkat, interaksi dan transaksi bertambah dan kepopuleran web lebih cepat. Ini semua akan memberikan suntikan motivasi untuk lebih semangat dan kreatif dalam mengelola sebuah web untuk memuaskan semua user yang mengaksesnya. Tips dan trik SEO meliputi beberapa hal yakni :
1. Content adalah utama
Hal ini sudah menjadi keharusan! karena kalau web kita tidak sering di update otomatis membuat orang malas mengunjungi kembali web kita. Apalagi jika kita ingin web kita berumur panjang dengan pengunjung yang selalu banyak, maka updatelah isinya.
Isilah tag-tag kata kunci dengan kata-kata sesuai dengan keyword sehingga mudah ditemukan.
Apa hubungannya update dengan peringkat kita di google atau search engine yang lain ? Hubungannya adalah, ketika web kita sering di update maka akan mengundang orang mengunjungi web kita, jika web kita banyak pengunjung maka juga akan meningkatkan posisi web kita di search engine.
2. Back Link dan kualitas
Back link ini merupakan link website milik kita yang ditampilkan pada website orang lain. Kualitas back link ini bisa mempengaruhi page rank (rangking) website. Semakin tinggi page rank maka search engine menilai website kita memuat content (isi) website yang ‘berkualitas’ untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Kualitas back link ini berasal dari website yang menaruh link ke website kita. Cara lain adalah rajin memberikan komentar di web/blog lain dengan mencantumkan alamat web kita disana. Selain itu juga dengan mendaftarkan tulisan ke social bookmarking seperti : www.digg.com, www.del.icio.us, www.blogcatalog.com, www.dignow.org, www.simpy.com
3. Alamat Domain yang sejalan
Dalam pemilihan nama alamat domain pertama kali, usahakan agar mengandung unsur keyword (kata kunci pencarian) dari visi misi web kita. Alamat www.tokobukumu.com lebih cocok dari pada www.murahmeriah.com untuk sebuah web shopping online toko buku karena kata toko dan buku bisa lebih mudah dan cocok ditemukan oleh calon pengunjung.
4. Membuat Tag Title dan Meta tags
Ada banyak Meta/Header Tags yang ditulis diantara tag …<./head> diantaranya adalah :
1. Tag title. Tag title akan ditampilkan di pojok kiri atas suatu browser. Isi title ini dengan kalimat yang ada kata-kata keywordnya. Pembuatnya title ini sangat diperhatikan oleh search engine. Jangan membuat tag suatu halaman web anda sama dengan halaman web anda di halaman lain. Search engine terutama google dapat mengenali duplicate tag. Contoh :
<title>Selamat Tinggal ke-Syirikan | Tahun baru 1431H </title>
<meta name=”Title” content=” Selamat Tinggal ke-Syirikan | Tahun baru 1431H” />
2. Tag description. Berisi deskripsi web anda, usahakan ada keyword yang diinginkan. Jangan terlalu pendek contentnya Contoh :
<meta name=”description” content=” Kesyirikan ketika menyambut tahun hijriyah hanya akan membawa bencana dan menunjukkan ketidak fahaman terhadap agama” />
3. Tag keywords. Berisi keyword yang anda inginkan. Contoh :
<meta name=”keywords” content=”syirik,islam,tahun,baru,hijriyah,dosa,besar,artikel”/>
4. Tag robots. Tag ini untuk memberitahukan ke crawl agar melakukan pengindexan atau tidak. Karena ada beberapa web yang sengaja tidak ingin diketahui. Tentu dalam hal ini kita mengijinkan untuk mengindex-nya. Contoh :
Program robot dipunyai semua search engine untuk melakukan penjelajahan 24 jam.
<meta name=”robots” content=”index, follow” />
<meta name=”googlebot” content=”index,follow” />
<meta name=”msnbot” content=”index,follow” />
Program robot dipunyai semua search engine untuk melakukan penjelajahan 24 jam.
5. Tag alternate. Format lain cara publikasi seperti RSS. Contoh :
<link rel=”alternate” title=”Selamat Tinggal Kesyirikan “
href=”http://www.percikaniman.org/selamat-tinggal-kesyirikan/rss_articles/” />
6. Tag author dan Copyright. Contoh :
<meta name=”author” content=”homepi percikan iman” />
<meta name=”copyright” content=”2009 www.percikaniman.org” />
5. Sitemaps sebagai peta dan daftar isi otomatis
Adalah halaman yang menampilkan peta link pada website, sitemaps memudahkan spider dari search engine untuk menelusuri isi website dan mengupdate setiap perubahan yang terjadi di website pada database search engine. Untuk membuat sitemaps kita bisa menggunakan http://www.xml-sitemaps.com/ atau yang lainnya
6. Natural Listing
Natural Listing adalah kita mendaftarkan website pada search engine untuk diindex dalam database search engine tersebut agar bisa ditampilkan pada hasil pencarian melalui search engine tersebut. Dalam melakukan natural listing, ada beberapa search engine utama yang perlu didaftarkan antara lain:
Google http://www.google.com/addurl
Yahoo http://search.yahoo.com/info/submit.html
MSN http://beta.search.msn.com/docs/submit.aspx
Dmoz http://www.dmoz.org/add.html
Atau menggunakan jasa pendaftaran website / “URL Submission” seperti:
http://www.submitexpress.com/submit.html
http://www.addme.com
http://www.addpro.com
http://www.freewebsubmission .com
Semoga dengan memahami SEO maka web yang sedang kita kelola lebih cepat populer dan tujuan yang kita sasar lebih cepat tercapai. Amin
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar